Friday, July 8, 2011

FESTIVAL BUDAYA DAERAH KABUPATEN LEMBATA TAHUN 2011

Beragam kesenian daerah yang dimiliki Kabupaten Lembata sedang mengalami stagnasi dan ditinggalkan  masyarakat pewarisnya, karena adanya pergeseran nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat Lembata sehingga kesenian tradisonal lokal menjadi kehilangan makna baik sebagai hiburan, religi maupun  fungsi sosialnya.         
Generasi muda sebagai pewaris keseniaan tradisional Lembata mengalami kecenderungan yang semakin akrab dengan berbagai kesenian populer masa kini, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya dalam memberikan pemahaman, apresiasi dan pembinaan agar generasi muda tidak semakin terasing dengan keseniaan tradisional yang hidup dan berkembang di daerahnya. Pengembangan dan pemanfaatan berbagai jenis kesenian musik, tarian tradisional dikalangan generasi muda perlu terus dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan sebagai usaha dalam mempertahankan kelangsungan tumbuh kembang kesenian tradisional daerah di Kecamatan masing-masing.
Berdasarkan pertimbangan dan tujuan tersebut maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lembata menyelenggarakan Festival Budaya Daerah Kabupaten Lembata yang akan di ikuti oleh para peserta dari 9 (Sembilan) Kecamatan se-Kabupaten Lembata dengan menampilkan Keindahan seni musik dan tarian tradisionalnya sebagai upaya Pemerintah Daerah dalam memfasilitasi pelestarian kebudayaan lokal yang dimiliki Kabupaten Lembata.
Kegiatan festival Budaya Daerah sebagai suatu upaya bersama dalam mengemas produk kesenian dan budaya lokal yang memiliki krakteristik unik dan Tarian tradisional serta musik pengiring tarian tradisional, karena kelangkaan yang spesifik menjadi daya tarik untuk ditampilkan dan dikomunikasikan sebagai aset budaya dalam lintasan generasi. Adapun  Kegiatan festival budaya daerah Kabupaten Lembata ini akan dilaksanakan dari tanggal 08-11 Agustus 2011 bertepatan dengan Rally Layar Internasional yang akan menyinggahi Kabupaten Lembata sebagai salah satu destinasi tetap. (disbudparlembata)

No comments:

Post a Comment