Monday, April 12, 2010

Pantai Waijarang Lewoleba



Pantai Waijarang di Desa Waijarang, Kecamatan Nubatukan, Lembata merupakan pantai yang punya panorama yang indah. Pasir putih yang terbentang luas dihiasi riakan ombak yang agak keras memecah bibir pantai, menjadi obyek tersendiri.

Tak heran setiap hari libur atau hari Minggu, ratusan warga Kota Lewoleba dan sekitarnya tumpah ruah ke pantai itu, sekadar melepas lelah dan menikmati indahnya pantai dan riakan gelombang tersebut.

Melihat animo masyarakat yang tinggi terhadap indahnya pantai yang letaknya kurang lebih 10 kilometer arah barat Kota Lewoleba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lembata mengalokasikan sejumlah dana untuk pembangunan sarana dan prasarana pendukung.

Pantai Waijarang berhadapan dengan Desa Boleng, Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, dibatasi lautan, merupakan salah satu alternatif wisata pantai terbaik di Kota Lewoleba. Jaraknya relatif dekat dari Lewoleba ke arah barat sekitar delapan kilometer dengan kondisi jalan aspal. Meski sebagiannya sudah berlubang, tetapi bisa ditempuh sekitar 20-25 menit menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Keindahan pantai Pasir Putih, laut yang bersih dan ombak pantai relatif keras menjadikan tempat ini diminati pengunjung.

Pada hari Minggu, liburan Hari Raya Natal, Tahun Baru, Paskah dan Lebaran, lokasi pantai wisata ini menjadi tujuan wisata bagi warga Kota Lewoleba.warga menghabiskan waktu sekitar setengah hari di tempat ini. Mereka datang berkelompok dalam jumlah banyak 20-50 orang atau dalam kelompok kecil dan keluarga. Para pengunjung dari berbagai kelompok usia, balita sampai orang dewasa.

3 comments:

  1. ada beberapa file yang saya link dari sini untuk melengkapi isi blog saya di kolom ptar-putar lembata. lihat saja di http://lembata-boys.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. saya meminta izin untuk meneruskan tulisan dan gambar pada blog ini..kalau diizinkan tiolong di konformasi.

    ReplyDelete
  3. pntai nya indah,jdi pgen pulkam ajh.......

    ReplyDelete