Monday, April 25, 2011

Sail Indonesia 2011

Satulagi event kelas internasional siap digelar di Kupang. Sail Indonesi 2011 siap digelar dengan hadirnya 120 yacht (kapallayar) dari 20 negara. Kapal-kapal ini akan melintasi 11 kabupaten di NTT, termasuk Kota Kupang sebagai pintu gerbang. Pimpinan Yayasan Cinta Bahari Indonesia selaku penyelenggaraan Sail Indonesia, Raymond Lesmana kepada wartawan di Kupang, Senin (18/4), menjelaskan Sail Indonesia ke-9 tahun ini akan melewati 13 provinsi di Indonesia, salah satunya NTT sebagai destinasi pertama setelah start dari Darwin, Australia.

Raymond mengatakan, dijadwalkan ke-120 kapal tersebut sudah masuk di Kupang pada tanggal 27 juli 2011.Sebanyak 11 kabupaten yang kan disinggahi kapal-kapal layar tersebut, yakni Kota Kupang, Alor, Lembata, Ende, Ngada, manggarai Barat, Rote Ndao, SabuRaijua, Sumba Timurdan Sumba Tengah (jadwal lihat grafis).

Dikatakan, Sail Indonesia hingga saat ini menjadi sail terbesar di Indonesia. Sail ini sudah Sembilan kali digelar dan delapan kali menyinggahi NTT. Menurut Raymond, NTT sebagai pilihan karena diyakini bahwa destinasi wisata di NTT justru sangat potensial. “Potensi wisata NTT lebih baik dari Bali.Hanya bagaimana me-managenya saja,” kata Raymond.

Dikatakan, Sail Indonesia 2011 ini akan lebih mearih kalau setiap kabupaten/kota yang menjadi destinasi merespon dengan baik. Tidak sekadar menyambut, tapi harus kreatif untuk meniptakan even-even yang menarik perhatian peserta sail. “Jadi kami minta kepada kabupaten/kota agar kalau mau buat even saat sail ini maka informasikan kepada kami terlebih dahulu,” kata Raymond.

Sementara itu, Kepala Bidnag Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT, Obaldus Gogi, mengatakan dalam rangka Sail Indonesia 2011 ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT menggelar even East Nusa Tenggara Epo (Entex) yang akan berlangsungpada 26 sampai 30 Juli di Kota Kupang. “Kita sudah siapkan evenya, sehingga akan semakin menyemarakkan kegiatan ini,” kata Obaldus.

Terkait ini, Obaldus menjelaskan, pihaknya masih sementara berkoordinasi dengan dinas teknis terkait turut menyukseskan Sail Indonesia 2011. Sebab, menurutnya, Sail Indonesia ini menjadi salah satu ajang promosi wisata NTT.Apalagi, saat ini Indonesia dan NTT khususnya sedang gencar-gencarnya mempromosikan komodo sebagai salah satu keajaibandunia.

Untuk menyukseskan kegiatan akbar ini, digelar pertemuan antara pihak Yayasan Cinta Bahari Indonesia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT dan kabupaten/kota yang menjadi destinasi peserta Sail Indonesai 2011 ini. Dalam rapat tersebut dibahas persiapan-persiapan setiap daerah menyambut kedatangan para peserta.
Sumber : Timor Express, Rabu 20 April 2011 

No comments:

Post a Comment