Tuesday, May 3, 2011

Pesona Bawah Laut Waijarang Kabupaten Lembata

Pantai Waijarang di Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata tidak hanya indah pantainya dan pemandangannya saja namun menyimpan pesona bawah laut yang mempesona yang belum banyak diketahui oleh orang Lembata sendiri. Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lembata bekerjasama dengan Universitas Nusa Cendana Kupang, Pada Tahun 2010 lalu telah melaksanakan satu kegiatan penting yaitu mengambil data potensi bawah laut Kabupaten Lembata. Ada beberapa titik yang diambil dan salah satunya adalah Pantai Waijarang Kabupaten Lembata. Hasil yang tak terduga, walaupun di beberapa titik mengalami kerusakan namun ternyata menyimpan pesona yang Indah dan Menawan. 
Melihat kenyataan yang ada bahwa selama ini Pemerintah dan DPRD sangat antipati dalam pengembangan Potensi pariwisata Kabupaten Lembata, maka hasil penelitian tersebut dapat menjadi data penting yang bisa mendorong pemerintah daerah Lembata untuk mengembangkan potensi ini. 
 Gebrakan yang telah dilakukan oleh SKPD terkait dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lembata dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lembata harus didukung oleh semua pihak. Dalam hal ini Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, Pihak swasta dan investor perlu diajaka untuk bergandengan tangan mengembangkan potensi ini. 
 Potensi ini sangat menganggumkan dan jika dikembangkan dengan baik akan menjadi sumber potensi yang handal dalam mendukung pembangunan ekonomi berbasis masyarakat.

By...Haryanto Bungan, SS
Staff Perencanaan Program Disbudpar Lembata

No comments:

Post a Comment